Jumat, 22 Februari 2013

Rangkaian Alarm Suhu


Berikut ini Gambar skema Rangkaian Alarm Suhu beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Alarm Suhu. Rangkaian sederhana ini untuk memonitor perangkat yang menghasilkan panas seperti motor, inverter dan lain-lain. Alarm akan berbunyi dan LED berkedip ketika suhu perangkat meningkat normal.
Salah satu faktor yang mempengaruhi optimalisasi kinerja pada motor adalah pembakaran kurang sempurna di dalam ruang bakar. Untuk mengoptimalkan kinerja dari motor bakar tersebut dilakukan modifikasi dengan jalan meningkatkan suhu dan tekanan udara masuk ke ruang bakar. Perubahan suhu udara masuk ruang bakar akan berpengaruh terhadap kerapatan udara, sehingga akan mempengaruhi jumlah udara yang masuk ke ruang bakar. Penambahan tekanan pada udara yang masuk ke ruang bakar akan membantu campuran mencapai kondisi pembakaran dengan lebih cepat, sehingga keterlambatan pembakaran, terutama pada kondisi kecepatan putaran yang tinggi dapat dihindari. Hasil penelitian melalui percobaan menunjukkan bahwa kondisi optimal melalui peningkatan suhu dan udara masuk ruang bakar akan dicapai pada 50?C dan tekanan 3 bar.
Di bawah ini saya sertakan gambar Rangkaian Alarm Suhu untuk Anda pelajari  baik-baik dan praktekkan.

Cara Kerja Rangkaian :
Rangkaian multivibrator astabil adalah rangkaian sederhana berdaya rendah menggunakan  IC timer CMOS 7555 yang merupakan versi daya rendah dari IC 555 yang populer. Empat  pin reset dari IC1 digunakan untuk mengaktifkan alarm. Astabil akan bekerja hanya jika 4 pin reset menjadi tinggi. Pin reset terhubung dengan rel positif melalui 10 K NTC thermister. Thermister (Koefisien Suhu Negatif) NTC menawarkan ketahanan tinggi dalam dingin dan ketahanan menjadi rendah untuk beberapa ohm ketika suhu di sekitarnya meningkat. Jadi, ketika suhu rendah (seperti disesuaikan dengan posisi thermister dekat perangkat) pin reset dari IC1 masih rendah dan astabil dalam posisi off dan buzzer tetap diam. Ketika suhu meningkat thermister dekat, resistensi menurun dan memberikan tegangan ke pin reset IC1 dan astabil mulai bekerja.
Semoga Rangkaian Alarm Suhu ini bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar